MEMILIH ORANG TUA


Malam ini aku pulang sedikit malam. Aku harus ke rumah om (adik dari bapak) yang sedang kurang sehat. Sepulang dari sana, aku mampir ke depot mie kesukaan bapak. Baru meninggal kan depot mie sekitar sepuluh menit, telpon berbunyi dari om (adik dari ibu). Aku meminta sopir untuk memutar kembali ke depot mie.

Dalam perjalanan, aku melihat ada seorang anak muda yang sedang marah-marah pada ibu nya. Aku hanya melihat dari kejauhan saja.

——-
Kembali pulang, kembali aku melihat seorang anak muda lain sedang berteriak ke seorang tua, yang rupanya adalah ayahnya. Kembali aku hanya bisa diam dan mendoakan mereka.
——-
Tiba di rumah, bapak dan ibu sudah tidur. Aku meletak kan mie di meja. Kemudian membetulkan selimut ibu. Suara lagu lirih terdengar dari handphone bapak. Aku mematikan televisi, dan aku mendengar ibu bergumam. Jangan dimatikan TV nya. Mama lihat, kok. Tapi ibu mengucapkan sambil tidur. Seperti biasa, ibu suka tidur dengan TV dinyalakan.

Tangan ku meraih album foto lama. Karena sedang mencari foto jaman SD untuk reuni. Selembar .. Dua lembar … Aku melihat foto jaman aku masih kecil.

Kadang aku ini merasa bahwa aku ini bukan anak yang sempurna dan patut di banggakan. Karena aku ini biasa-biasa saja. Berprestasi yang WOW juga tidak.

kita tidak bisa memilih orang tua.
Begitu pula dengan orang tua kita.

Kita hanya bisa memilih untuk menyayangi orang tua kita semaksimal kita bisa. Seperti orang tua kita memilih untuk menyayangi kita.

Apa adanya.

Orang tua kita adalah hadiah terbaik dari Tuhan. TERBAIK

Mungkin dengan segala kesibukan kita, kita sedikit kurang memperhatikan orang tua kita. Tapi orang tua kita memilih untuk mencintai kita tanpa syarat. Dan memilih untuk memaklumi nya.

Bila ada kesempatan, sentuhlah tangan mereka, seperti pada masa orang tua mu mengajari mu berjalan. Memegang sendok. Dan hal lain nya.

Hari ini adalah hari jumat
Kebanyakan dari kita memilih untuk bertemu teman. Boleh kah aku meminta teman-teman untuk menyapa orang tua masing-masing? Jadikan ini pilihan aktifitas minggu ini.

Sudahkah berkirim kabar dengan orang tua mu?

Terima kasih mama
Terima kasih papa